Indonesia Dibanjiri Mobil Impor Hingga 100.000 Unit Lebih

Written By Tigaenam on Rabu, 21 November 2012 | 05.29

Jakarta - Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) usulkan tarif Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) yang berbeda antara mobil mewah rakitan luar negeri (CBU) dengan rakitan dalam negeri (CKD). Sepanjang Januari-Oktober tahun ini, pasar otomotif Indonesia sudah dibanjiri mobil CBU impor sekitar 104.514 unit mobil.

“Saat ini, pemerintah masih mengenakan tarif PPnBM yang sama. Kami sudah mengusulkan kepada Kementerian Perindustrian kenapa tidak dibuat berbeda saja,” ujar Wakil Ketua Gaikindo Jongkie Sugiarto saat ditemui di Baliroom Hotel Kempinski, Jakarta, Rabu (21/11/2012).

Menurut Jongkie, seharusnya tarif PPnBM untuk mobil CBU lebih tinggi daripada CKD. Dengan begitu, dia meyakini bahwa penerimaan pemerintah serta lapangan pekerjaan diyakini akan meningkat.

“Kalau CKD pasti akan membangkitkan usaha perakitan disini dengan penggunaan komponen lokal,” ujarnya.

Jongkie mencontohkan, tahun lalu, sedan berkapasitas di bawah 1500 cc dikenakan tarif PPnBM sebesar 30 persen, Sedan berkapasitas 1500 cc-300 cc dikenakan 40 persen, dan sedan berkapasitas diatas 3000 cc kena 75 persen. Ini berbeda dengan tarif Bea Masuk (BM) yang dikenakan tidak seragam antara sedan CBU dengan CKD, masing-masing 40 persen dan 10 persen.

Jepang menjadi negara pengekspor mobil CBU berkapasitas besar ke Indonesia yang mendapat kemudahan berdasarkan perjanjian kemitraan ekonomi Indonesia-Jepang (IJ-EPA). Berdasarkan itu, mobil CBU dari Jepang dibebaskan dari bea masuk, sebagai kompensasi dari dibukanya pasar Jepang untuk beberapa komoditas Indonesia.

“Ini membuat Uni Eropa merasa tersisih dan bertanya kenapa mereka tidak bisa melakukan hal serupa,” jelasnya.

Hingga Oktober tahun ini, Jongkie menuturkan, penjualan mobil di Indonesia mencapai 923.132 unit. Dari jumlah sebesar itu, sekitar 60 persen atau 611.124 unit adalah penjualan mobil jenis 4x2.

“Dengan catatan seperti itu, kami yakin penjualan mobil hingga akhir tahun bisa tembus satu juta unit,” tandasnya.

(nia/hen)

Anda sedang membaca artikel tentang

Indonesia Dibanjiri Mobil Impor Hingga 100.000 Unit Lebih

Dengan url

http://preventallergysymptoms.blogspot.com/2012/11/indonesia-dibanjiri-mobil-impor-hingga.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Indonesia Dibanjiri Mobil Impor Hingga 100.000 Unit Lebih

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Indonesia Dibanjiri Mobil Impor Hingga 100.000 Unit Lebih

sebagai sumbernya

0 komentar:

Poskan Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger